Mobil Jarang Digunakan, Kenapa Harus Tetap Rutin Ganti Oli?

Merawat mobil adalah adalah satu aktivitas wajib pemilik kendaraan. Selain rutin membawa mobil ke bengkel untuk pengecekan mesin, mengganti oli mesin mobil terbaik seperti pada laman berikut

https://ilti.idemitsu.com/product-category/oli-mesin-mobil/ secara rutin juga merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Kebiasaan ini perlu dilakukan tanpa terkecuali, termasuk ketika mobil jarang digunakan. Kenapa begitu?

 


Alasan oli mobil tetap harus diganti meski kendaraan jarang digunakan

 

                Cukup banyak pemilik kendaraan beranggapan bahwa mobil yang jarang digunakan cenderung akan punya pelumas yang lebih awet. Padahal, anggapan ini merupakan hal yang keliru. Sebab, meski mobil berada dalam kondisi statis di tempat parkir, area ruang mesin tidak demikian.

                Mengutip pernyataan seorang kepala bengkel dalam Kompas.com, ruang mesin mobil yang terparkir tetap “bekerja”, yakni melalui proses oksidasi uap air yang berada di sekitar mobil. Proses pelepasan elektron dari sebuah molekul inilah yang akan memengaruhi stok oli dalam tangki bila dibiarkan dalam waktu lama. Lama kelamaan, oli dalam tangki bisa terkontaminasi oleh air.

Selain itu, oli mesin pada mobil yang jarang digunakan pun akan mengendap seiring dengan bergantinya waktu. Pengendapan ini kelak akan membuat komponen mesin mengering, bahkan hingga korosi. Maka dari itu, mengganti oli dengan rutin tetap harus dilakukan walaupun mobil sudah jarang digunakan untuk bepergian.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil?

Ada beberapa indikator penggantian oli mobil yang umum digunakan oleh pemilik mobil. Beberapa orang berpatokan pada jarak tempuh atau jumlah kilometer, namun banyak pula yang berpatokan pada putaran waktu atau dalam hitungan bulan. Menurut Suparna, seorang kepala bengkel, kedua tolok ukur ini bisa pemilik kendaraan pakai untuk menentukan kapan waktu terbaik mengganti oli mesin.

Akan tetapi, akan lebih baik lagi jika pemilik mobil berpatokan pada regulasi yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Selain itu, sebaiknya pemilik kendaraan juga mempertimbangkan medan yang dilalui oleh mobil tersebut. Misalkan mobil sering dipakai di dalam kota yang padat seperti Jakarta, tentu memendekkan jarak pergantian oli lebih baik.

Sekali lagi, meski mobil sudah jarang dipakai, mengganti oli mesin secara rutin tetap perlu dilakukan agar mesin dan performa mobil nantinya tetap prima. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar