Hal yang Perlu Nasabah Waspadai Ketika Menggunakan IB BRI

Ketika menggunakan internet banking BRI (IB BRI), setiap nasabah patut waspada. Bukan karena layanan perbankan ini tidak aman digunakan, melainkan karena upaya pihak tidak bertanggung jawab yang selalu ingin mengeruk keuntungan dari para nasabah secara ilegal. Hal ini tentu saja membawa kerugian baik materi maupun non materi kepada setiap nasabah yang menjadi korbannya.

 


Tindakan tersebut juga sudah termasuk dalam ranah hukum karena dilakukan secara ilegal tanpa sepengetahuan setiap pemilik rekening bank BRI, Untungnya, pihak bank sendiri selalu meningkatkan keamanan dan kualitas layanan perbankan, sehingga nasabah dapat sedikit tenang. Meskipun sudah pihak bank menjamin keamanan para nasabahnya, sebaiknya Anda juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal berikut ketika menggunakan internet banking dari bank BRI.

Phishing

Tindak kejahatan yang paling sering dialami sebagian nasabah ketika menggunakan internet banking adalah phising. Kejahatan ini cukup merugikan pengguna, sebab informasi-informasi yang sifatnya rahasia berhasil diperoleh oleh pelakunya. Perlu diketahui, cara pelaku phising mendapatkan informasi nasabah biasanya adalah mengirimkan email atau pesan dengan informasi palsu. Para calon korban biasanya diminta mengirimkan data diri atau informasi tertentu melalui link yang dicantumkan dalam pesan atau email sebelumnya. Berikut ini kegiatan phising yang sering dijumpai masyarakat Indonesia.

 

        Mengirimkan pesan melalui media komunikasi elektronik seperti direct message atau inbox, halaman web, SMS dan juga email kepada calon targetnya.

        Meminta calon korban menyertakan informasi penting yang sifatnya tidak boleh diketahui pihak tidak berkepentingan seperti masa berlaku kartu kredit, nomor kartu kredit, kode OTP, password/PIN beserta user ID untuk akses masuk ke IB BRI.

        Mengarahkan korban untuk segera melakukan tindakan yang diinginkannya selama batas waktu tertentu.

Cara Mengatasi Phising

Kenali kejahatan phising melalui gaya bahasa yang digunakannya. Biasanya para pelaku phising jarang ada yang menggunakan gaya bahasa yang baik, kesalahan ketik juga bisa menjadi tanda mengenalinya. Biasanya calon target akan menerima pesan yang dibuat tanpa melalui proses editing atau review yang baik. Berikut ini cara mengatasi kejahatan phising dengan ampuh:

 

        Gunakan anti virus terbaru

        Apabila menemukan indikasi phising dari pesan atau email, abaikan saja.

        Hubungi call center pihak bank untuk mendapatkan kejelasan atau konfirmasi

        Ketika muncul popup dari link yang tidak sengaja dibuka, jangan pernah sekalipun memasukkan user ID dan password akun perbankan.

Malware

Teknik pembobolan internet banking yang perlu diwaspadai nasabah selanjutnya adalah malware. Para pelaku kejahatan malware ini biasa menjalankan aksinya dengan menginfeksi browser internet nasabah melalui software jahat atau virus malware. Biasanya malware dibuat untuk kejahatan berikut ini:

        Mendapatkan secara ilegal data nasabah (user id dan password akun perbankan)

        Memindahbukukan atau melakukan transfer ke rekening pelaku dengan mengambil alih koneksi nasabah.

        Mengganti halaman web browser sesuai apa yang dikehendakinya terhadap calon korban.

Cara Meminimalisir Bahaya Malware

        Mengakses internet banking tidak dari perangkat komputer orang lain dan jaringan umum.

        Lengkapi komputer pribadi dengan antivirus terbaru.

        Tidak mengunduh file atau mengakses halaman website secara sembarangan.

        Mewaspadai permintaan yang muncul di layar popup seperti meminta informasi tidak wajar, cukup diabaikan saja.

        Segera menghubungi call center resmi Bank BRI untuk menindaklanjuti informasi yang diterima nasabah yang mengatasnamakan bank BUMN berskala besar di Indonesia tersebut.

Nah, itu dia hal-hal penting ketika menggunakan layanan IB BRI yang perlu diwaspadai nasabah. Karena saat ini kejahatan-kejahatan dalam transaksi keuangan di internet tersebut sering terjadi dan telah merugikan banyak orang, jadi berhati-hatilah.

 

Deskripsi: IB BRI di satu sisi memberikan kemudahan kepada nasabah dan disisi lain juga bisa merugikan apabila hal-hal berikut ini tidak diwaspadai sedari awal. 

Posting Komentar

0 Komentar